Beranda » » PING = Packet Inter Net Grouper [ Kembali ke Halaman Depan ]

PING = Packet Inter Net Grouper

Materi untuk anak-anak kelas 2 TKJ,
Oleh : Leo Prirandoyo, ST

PING = Packet Internet Grouper
Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ping )

Apa maksud Output dari Ping ?
Mari kita menguraikan salah satu baris dari output ping:

..... 

Reply from 216.239.61.104: bytes=32 time=65ms TTL=240

....

Bagian 1: 

Bagian ini memberitahu kita bahwa ping dari 32 byte data yang diterima dari alamat IP 216.239.61.104

32 bytes adalah besarnya data yang dikirim untuk mengetest koneksi. Untuk menentukan besarnya data bisa pake perintah ping -l 1000 artinya ping dengan data 1000bytes. Untuk windows defaultnya 32bytes

Bagian 2: 

Time adalah waktu reply dari kita mengirim data sampai menerima laporan bahwa data telah sampai di tujuan dengan sukses. Untuk di atas artinya 65 mili second.

Bagian 3: 

TTL berarti Time To Live.  TTL=240 artinya jumlah maksimal untuk melewati router adalah 240 kali. Karena di jaringan di dunia ini kan terdapat ada banyak router, sedangkan data akan mencari jalur yang terpendek atau tercepat,sehingga dapat dimungkinkan data hanya muter2 jalur dan tidak akan pernah sampai tujuan. Agar tidak menjadi sampah di jaringan, dibuat waktu hidupnya adalah dengan TTL dan timeout.

Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat host yang mengatur nilai lain:

    
Linux Redhat tanggapan dengan TTL 64
    
Windows XP tanggapan dengan TTL 128
    
Linksys router tanggapan dengan TTL 150


Time adalah nilai yang memberikan beberapa indikasi dari waktu yang diperlukan untuk sebuah paket untuk mencapai tujuan dan kembali Waktu perjalanan alias Bundar (RTT).  


Koneksi lambat, kadang-kadang disebut sebagai lag. Hal ini sering disebabkan oleh jarak yang cukup jauh antara sumber dan tujuan atau beban berat di sepanjang rute atau waktu pengolahan di peralatan jaringan sepanjang rute.